Mengenal Tapera: Pengertian, Syarat, dan Manfaatnya

Mengenal Tapera: Pengertian, Syarat, dan Manfaatnya – Rumah dijual di bandung yang layak dimiliki selalu menjadi suatu tantangan bagi setiap orang. Lahan dan harga tanah yang memilki keterbatasan akan jadi mahal bagi masyarakat, seperti yang memiliki penghasilan rendah, sulit mendapatkan tempat tinggal. Tetapi hal ini memiliki solusi, dimana pemenrintah akan menggunakan program tapera untuk semua golongan masyarakat Indonesia yang layak memiliki rumah dan harga yang sesuai kemampuan.

Pemerintah menciptakan program ini untuk bantu masyarakat agar Indonesia mendapat dana membeli rumah. Dengan memiliki program tapera ini, masyarakat yang memiliki gaji rendah punya kesempatan beli rumah yang murah dan layak.

Baca Juga : Begini Tips Hemat Mengisi Rumah Bagi Pengantin Baru

Mengenal Tapera: Pengertian, Syarat, dan Manfaatnya

Arti tapera

Tapera adalah program yang sangat baru tentang pembangunan tempat tinggal untuk rakyat yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Program ini dapat dikatakan sebagai salah satu solusi untuk masyarakat yang ingin tempat tinggal. Dana yang ditabung kedalam tapera digunakan untuk membangun rumah murah dan layak pada masyarakat.

Apa Fungsi Tapera

1. Menjadi salah satu sumber bagi masyarakat

MBR ini memiliki arti seperti pendapatan maksimal Rp 4 Juta per bulan dan memiliki hak untuk beli rumah tapak, bagi masyarakat yang memiliki gaji 7 Juta, mereka berhak untuk membeli rumah susun atau apartemen. Uang tapera ini merupakan biaya beli rumah, bangun dan renovasi rumah.

2. Jaminan hari tua

Tapera ini memilki fungsi jaminan dihari tua. Masyarakat non MBR yang telah dapat rumah tinggal, maka dana tapera telah disetorkan dengan rutin dan diambil oleh jumlah yang sesuai dengan bunganya.

Menjadi syarat tapera

Pada bab 1 pasal 1 UU tapera ini disebut tapera yang memiliki peserta untuk memenuhi syarat yang diatur dalam undang-undang sebagai simpanan bayaran. Baik pekerja maupun pemberi kerja.

Walau penghasilan rendah. Tapera tetap wajib dan diikuti oleh setiap kalangan baik untuk setiap pekerja.

Berapa iuran yang harus dibayarkan oleh pekerja

Tapera ini disebut dengan pemberi kerja dan wajib mendaftarkan pekerjanya untuk peserta tabungan tapera. Maksimal harus bayar 2.5% dan pemberi kerja 0.5%.

Manfaat dari tapera

1. Solusi yang dapat membeli rumah murah

Dengan adanya MBR akan dapat dana bantuan untuk membangun dan membeli rumah dengan FLPP, dengan dana 30 Juta memiliki bantuan pembangunan rumah baru. Selain itu peserta tapera ini menjadi suatu solusi bagi anda yang ingin menabung dan memiliki sebuah rumah.

2. Tapera dapat digunakan untuk kesenjangan social dan backlog

Semua masyarakat khususnya kelas bawah memiliki peluang untuk memiliki rumah sendiri dengan harga terjangkau. Selama mendapat kesenjangan social dan backlog atau bisa dikatakan rumah hunian yang layak untuk masyarakat. Kini program tapera ini memiliki masa kredit dan bisa jatuh tempo hingga 20 tahun.

3. Memiliki bantuan dana untuk renovasi rumah

Untuk memilki suatu rumah anda harus memiliki tapera untuk bantuan dana bedah rumah dengan bantuan tersebut biaya renoivasi dan perbaikkan rumah bisa menjadi 15 Juta per rumah. Fasilitas ini dapat anda pakai sekali selama menjadi peserta tapera.

Aturan Guna Tapera

Dana yang dilakukan boleh sebagai biaya membeli rumah, renovasi dan perbaikan rumah dana yang sudah ditabung dapat digunakan atau diambil sesudah pensiun.

Tapera memiliki rencana untuk berjalannya pada akhir tahun 2017 dan undang-undang tapera ini disahkan oleh bapak presiden joko widodo pada tanggal 16 agustus 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *