Perbedaan Beli Rumah Dengan KPR dan Tunai

Perbedaan Beli Rumah Dengan KPR dan Tunai

Perbedaan Beli Rumah Dengan KPR dan Tunai РRumah merupakan kebutuhan pokok bagi keluarga muda yang ingin mandiri. Kebutuhan ini akan semakin meningkat setiap tahunnya. Ini telah menjadi celah bagi para developer dalam membuat perumahan dengan berbagai rentang harga dan diperuntukkan untuk keluarga muda  yang membutuhkan hunian. Telah banyak kemudahan yang di tawarkan pada keluarga muda baik secara tunai ataupun secara KPR. Keduanya memiliki karakterisitik yang berbeda.

Sekarang sudah banyak developer yang membangun perumahan yang berarti sudah semakin banyak pilihan hunian yang dapat anda tentukan. Biasanya beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah seperti lokasinya, fasilitas dan juga track record dari si pengembang.

Apabila anda sudah mempertimbangkan semuanya, maka selanjutnya anda menentukan mau melakukan pembayaran secara tunai atau mengambil KPR. Jika tunai, anda perlu menyiapkan dana yang cukup besar, tapi jika anda memilih KPR, maka anda bisa menyicil tanpa perlu menyiapkan dana yang besar. Membeli secara tunai ataupun secara KPR memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Baca Juga :


Inilah Perbedaan beli rumah dengan KPR dan Tunai

Kelebihan Membeli rumah secara tunai

Harga murah

Seperti halnya berbagai jenis pembelian, dengan cara angsuran pasti nasabah akan dikenakan bunga sehingga harga menjadi lebih mahal. Berbeda dengan pembelian tunai, pasti akan lebih murah.

Proses Lebih Mudah

Pembelian secara tunai membuat pembeli langsung melakukan transaksi lebih mudah. Tanpa adanya pihak ketiga seperti bank, maka jalur jual beli lebih sedikit mudah. Anda tidak perlu lagi melewati serangkaian proses.

Lebih aman

Membeli jual rumah bandung dengan tunai akan lebih aman karena transaksi jual beli selesai, dan juga rumah telah menjadi hak milik anda. Jadi anda sudah terbebas dari rasa cemas dan risau karena takut rumah berpindah ke orang lain.

Kelebihan Membeli Rumah secara KPR

Tidak perlu menyiapkan dana besar

Dengan kredit, anda tidak perlu dana besar. Anda tidak perlu menunggu bertahun tahun untuk menabung. Anda hanya cukup membayar DP untuk bisa mendapatkan rumah

Cicilan untuk meringankan pengeluaran

Jika tunai, anda akan kehabisan uang dalam jumlah besar. Berbeda dengan cicilan yang memakan sedikit uang, sehingga modal usaha juga tetap aman dan lebih ringan dalam membayar cicilan rumah.

Disewakan mendapat uang

Jika tidak mau membayar cicilan, anda dapat menyewakan rumah anda pada orang lain. Dengan demikian uang sewa tersebut dapat anda gunakan untuk membayar cicilan rumah ke bank.

Itulah perbedaan beli rumah dengan kpr dan tunai. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan